Cake Awal Tahun

Hari pertama di tahun 2011. Meski gue baru tidur jam 3 pagi tapi jam 7 gue sudah terbangun. Lewat tv kemeriahan malam pergantian tahun masih dirasakan oleh negara-negara di belahan bumi barat. Meriah sekali. Di awal tahun ini terbersit niat untuk jalan - jala. Menghirup udara 2011 untuk pertama kalinya. Tapi kemudian yang teringat adalah bahan-bahan kue yang tersisa. Ada 2 bungkus besar tepung terigu sisa lebaran tahun lalu. Niat untuk buat kue, apapun jenisnya sudah tercetus beberapa minggu lalu. Karena oven gue tidak terlalu beres dan gue tidak punya loyang, maka nyokap meminjam loyang yang berfungsi sekaligus sebagai pemanggang ke tetangga.

Pemanggang sudah ada, bahan-bahan dasar sudah dibeli. Lalu tinggal resepnya. hahaha. Bolak balik koleksi resep tidak banyak berisi cake. Kebanyakan kue kering. Ada catatan dari nyokap, tapi tulisannya saja sudah sulit dibaca. Bikin males aja. Akhirnya setelah beberapa menit googling gue berhasil menemukan resep yang menggunakan bahan-bahan yang tidak terlalu rumit. 

Berikut resepnya:P
125 g margarin
125 g gula pasir
100 g selai strawberry. gak suka, ganti aja dng selai coklat yg baru dibeli di alfa
2 butir telor. Kata nyokap kurang, jadi gue tambah jadi 4
75ml susu cair
160 g terigu protein sedang.
25 g meizena
35 g coklat bubuk
1/2 sendok teh baking powder

Pertamatama kocok margarin dan gula hingga lembut.
Setelah itu masukan secara selang seling bahan-bahan yang lain. Pastikan semua bahan masuk sampai habis kecuali tepung. Jika adonan sudah nampak cukup kental , sisa tepung gak usah dimasukin lag. nanti keras. (teori cheff marky)
Jika adoan sudah tercampur semua, masukan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung.Panggang hingga...matang. Gina ya petunjukknya, jika adonan sudah nampak mengembang rata, tusuk dengan tusuk gigi atau garpu. Jika tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi atau garpu berarti kue sudah matang.
Horeeeeeeeeeee..........!!!!!!!!!!!!!!!!


Comments

Popular Posts