68th Golden Globe Awards

Senin pagi yang dingin. Angin berhembus dengan kencang. Gue masih bete dengan weekend gue. Pagi ini ada siaran langsung penyerahan Golden Globe awards 2011 di Starworld. Gue selalu suka menonton acara seperti ini. Gue suka melihat bagaiamana mereka menghargai seniman-seniman perfilman. Dan jadi referensi gue dalam membeli dvd bajakan. Oh, jangan salahkan kami. Banyak rakyat Indonesia yang menghargai film - film bermutu. Hanya saja penguasa bioskop jarang mengakomodirnya karena dianggap tidak menguntungkan. Mereka lebih memilih memutar lebih awal film Skyline ketimbang Black Swan.

Untuk film terbaik kategori drama dimenangkan The Social Network. Facebook memang tidak bisa dilepaskan dari sejarah umat manusia sebagai jejaring sosial terbesar di dunia. Facebook mengubah cara berinteraksi manusia saat ini. Salah satu presenter mengatakan dia mengetahui tentang film The Social Network dari seorang teman di Facebook yang sama sekali belum pernah dia kenal. Untuk kategori comedy, film terbaik diraih oleh film The Kids are All Right. Sebuah komedi tentang pasangan lesbian dalam membesarkan anak mereka.

Selain memberikan penghargaan untuk film-film terbaik, Golden Globe dibawah naungan organisasi The Hollywood Foreign Press Association, memberikan penghargaan untuk film-film di televisi. Penyandingan 2 kategori yang berbeda ini seakan ingin mengetengahkan bahwa saat ini mutu dari film-film di televisi baik serial maupun lepas sama bagusnya dengan film-film bioskop. Untuk kategori serial drama diraih oleh serial baru Boardwalk Empire. Film tentang dunia mafia di New Jersey pada tahun 20an dan 30an ini diproduseri oleh Mark Wahlberg dan Martin Scorsese. Bahkan Martin menyutradarai sendiri episode pilotnya. Sedangkan untuk kategori comedy diraih oleh Glee. Sebah serial yang cukup fenomenal saat ini karena selain ceritanya yang menyegarkan juga berisikan banyak lagu-lagu popular yang dinyanyikan ulang oleh para pemainnya dengan gaya yang berbeda. Glee adalah sebuah club paduan suara di sebuah sma negeri yang berjuang untuk bangkit kembali dan mengharumkan nama sekolah mereka. Sebuah film yang berteriak bahwa its okey to be diferent.

Banyak lagi film bagus yang meraih penghargaan atau bahkan hanya sebatas nominasi. Mereka dengan cerita-cerita yang menarik. The King's Speech mengisahakan tentang melatih seorang raja berpidato. Black Swan, tentang seorang balerina yang menemukan sisi gelap dari dirinya. Temple Grandin, sebuah judul film yang juga nama seorang dokter hewan yang juga mengidap penyakit autis, diperankan sangat baik oleh Claire Danes.

Film asing pun mendapat jatah di sini. Tahun ini dimenangkan oleh film In A Better World dari Jerman. Lalu kapankah film Indonesia masuk ke jajaran nominasi tersebut? Kalau dilihat dari beragamnya cerita dari film-film tersebut, agaknya susah bagi kita untuk mengejarnya. Cerita di film Indonesia monoton. Jangan tanya sinetron yah, malas bahasnya. Ketika beberapa seniman menelurkan film dengan gagasan baru, terbentur oleh norma-norma agama dan adat istiadat. Belum lagi politik turut campur. Kita membatasi diri kita dengan dinding-dinding yang tinggi sehingga menghambat kreatifitas kita sendiri. Pemerintah masih enggan juga mendukung penuh kegiatan membuat film di Indonesia. Jadinya ongkos pembuatan film yang mahal menjadikan alasan para produser untuk membuat film kacangan yang dianggap masih laris di pasaran. Bahkan dibuat aturan-aturan yang aneh yang salah satunya adalah melarang orang yang tidak sekolah perfilman untuk menyutradarai sebuah film.

so, for you who missed the show, here the complete list :) 



MOTION PICTURES
Drama: The Social Network
Musical or Comedy: The Kids Are All Right
Director: David Fincher, The Social Network
Actor, Drama: Colin Firth, The King's Speech
Actress, Drama: Natalie Portman, Black Swan
Actor, Musical or Comedy: Paul Giamatti, Barney's Version
Actress, Musical or Comedy: Annette Bening, The Kids Are All Right
Supporting Actor: Christian Bale, The Fighter
Supporting Actress: Melissa Leo, The Fighter
Original Score: Trent Reznor and Atticus Ross, The Social Network
Original Song: "You Haven't Seen the Last of Me" (written by Diane Warren), Burlesque
Foreign Language Film: In a Better World
Animated Film: Toy Story 3
Screenplay: Aaron Sorkin, The Social Network
TELEVISION
Drama Series: Boardwalk Empire
Musical or Comedy Series: Glee
Actor, Drama: Steve Buscemi, Boardwalk Empire
Actress, Drama: Katey Sagal, Sons of Anarchy
Actor, Musical or Comedy: Jim Parsons, The Big Bang Theory
Actress, Musical or Comedy: Laura Linney, The Big C
Miniseries or Movie: Carlos
Actress, Miniseries or Movie: Claire Danes, Temple Grandin
Actor, Miniseries or Movie: Al Pacino, You Don't Know Jack
Supporting Actor, TV Series, Miniseries or Movie: Chris Colfer, Glee
Supporting Actress, TV Series, Miniseries or Movie: Jane Lynch, Glee
HONORARY
Cecil B. DeMille Lifetime Achievement Award: Robert De Niro

Comments

Popular Posts