Tips Menikmati Car Free Day di Jakarta

Bukannya sombong atau sok tahu mengingat gue baru beberapa kali saja menikmati olahraga saat Car Free Day (CFD) di Jakarta. Tulisan ini gue buat berdasarkan pengalaman saja. Sedikit berbagi daripada ngedumel. 


  1. Pertama yang harus kalian lakukan adalah bangun pagi. Yeap, bagi yang belum tahu, CFD dilkukan pada hari minggu, dari pukul 06.00 hingga 11.00 pagi. Dan bangun pagi di hari Minggu bagi sebagian besar orang mungkin adalah dosa besar.
  2. Mandilah jika diperlukan. Mandi jika terakhir kali anda mandi adalah sabtu siang misalnya. Atau mandi jika Anda habis melakukan aktifitas berkeringat di hari sabtunya semisal clubing. Jika tidak mandi Anda cukup cuci muka, sikat gigi dan oleskan deodorant atau parfume ke tubuh Anda.
  3. Jangan lupa sarapan.
  4. Bawalah barang secukupnya dan yang dibutuhkan saja. Jika Anda ingin sekedar fun walk atau lari pagi, Gunakan baju, celana dan sepatu lari. Bawalah tas kecil yang berisi baju ganti, handuk dna bila perlu celana ganti. Bawalah peralatan lainnya jika ingin melakukan aktivitas elain jalan dan lari.Termasuk sepeda.
  5. Gunakan sepeda dari rumah menuju lokasi (Jika Mampu). Kalau enggak ya taruh di bagasi taxi. Atau mobil pribadi Anda. Sebenarnya usahakan yah untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor pribadi. Karena tujuan utama dari CFD adalah mengurangi polusi udara oleh asap knalpot kendaraan bermotor kan. Jika tidka banyak bawaan, gunakan bus atau kendaraan umum lainnya. Busway sudah beroperasi sejak pukul 5 pagi dengan tarif Rp. 2.000,-. Atau jika memang terpaksa banget membawa kendaraan sendiri karena bawaan Anda banyak termasuk beberapa anggota keluarga atau teman, parkirlah kendaraan anda di ujung - ujung jalan CFD lalu lanjutkan dengan busway. Seperti misalnya parkir di Blok M atau kawasan senayan. 
  6. Jika Anda ingin berlari tapi tidak ingin terbebani oleh perbekalan Anda (tapi Anda juga enggak jika tidak membawa baju ganti yang lengkap dengan peratana mandinya) dan Anda tidak membawa kendaraan pribadi, maka tas perbekalan Anda dapat titipkan di kawasan GBK. Ada tempat penitipan barang di salah satu pintu masuk stadion tapi mereka hanya buka hingga pukul 9.30 pagi. Tapo ada juga tempat penitipan tas di seberang pintu VI. TEmpat penitipan itu konon buka 24 jam. 
  7. Jangan melakukan aktivitas CFD di kawasan senayan. Kenapa? Karena berarti itu namanya bukan CFD. Dan kedua, kawasan senayan atau GBK tepatnya, di hari minggu pagi sangat ramai oleh pengunjung. Sangat sulit bagi anda untuk berlari sekalipun. 
  8. Enjoy the streets. 
  9. Meski jalanan bebas kendaraan akan tetapi busway masih diperbolehkan melintas. Jadi tetap hati-hati, jangan seenaknya lari atau bersepeda di jalur busway. 
  10. Sebagian kawasan CFD ramai oleh tenda-tenda event. Biasanya mulai dari kawasan bundaran HI hingga Sarinah atau Monas. Sedangkan kawasan jalan Sudirman sepi akan aktivitas event. Biasanya event yang di Sudirman dilakukan di dalam Lingkungan senayan. Jadi kawasan sudirman ini cukup nyaman.
  11. Tetaplah sopan di jalan. Hargai pengguna lain. Jangan mentang-mentang anda bersepeda dapat mengendarai sepeda seenaknya dengan ngebut atau melakukan manuver zig zag. Hal itu dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. 
  12. Bawalah anjing jika mau. Tapi ingat, pastikan anjing anda jinak dan sudah dikalungi tali yang kuat. Jangan sampai anjing anda justru menjadi ketakutan dan mengganggu kenyamanan. Dan kalau anjing anda cantik atau ganteng, jangan cemburu jika banyak yang ingin berfoto dengan anjing anda ketimbang anda sendiri. 
  13. Jangan buang sampah sembarangan. Jangan pipis sembarangan.
  14. Jika saat anda sedang beraktivitas di jalan tiba-tiba kebelet pipis atau kebelet eek, lakukan di tempat yang benar. Beberapa tempat umum sudah buka di pagi hari seperti FX, Mc Donald Sarinah, sevel Tosari. Bahkan FX sudah buka sejak jam 5 pagi. Atau Anda bisa permisi minta iin menggunakan toilet kepada satpam2 yang menjaga gedung2 di sekitar kawasan CFD. 
  15. Jika haus atau lapar, jangan khawatir karena banayak sekali pedagang yang menjajakan makanan dan minuman di sekitar kawasan CFD. Mau nyaman dikit bisa makan di sevel, fx maupun kawasan sarinah. 
  16. Jika Anda ingin mandi setelah beraktivitas tapi terlalu malas untuk ke rumah terlebih dahulu anda dapat mandi di beberapa tempat ini. Selain di tempat penitipan barang di GBK ada juga FX, mereka menyediakan 2 ruang mandi di lantai 2. Dan juga locker. Tiap ruang berisi 3 sekat, yaitu toilet, shower dan dressing room. Biaya yang dikenakana dalah Rp. 25.000,-. Atau Anda dapat mandi di toilet sekeliling GBK. Tempatnya lumayan luas dan airnya banyak dan bersih. Harganya sama dengan pipis, Rp 2.000,-. Atau Anda dapat melanjutkan perjalanan ke terminal blok M. Kamar mandi di atas (bukan yang di terminal bawha tanah) menyediakan ruang yang khusu untuk mandi. Biayanyya Rp2.000,- 
  17. Menjelang berakhirnya CFD, berhati-hatilah karena di beberapa sudut ruans jalan seperti jalan dari semanggi menuju sudirman, beberapa mobil sudah dengan seenaknya melintas. Sangat disayangkan memang. 
Demikian beberapa tips dar gue. Selamat menikmati jalanan yang luas. 


Comments

Walidin said…
Ok
Ternyata tipsnya banyak juga yah biar ga repot sendiri
Yose Suparto said…
TRADING ONLINE TERPERCAYA
Ini dia, Broker Trading yang Transaksi Aman dan Proses Cepat
HASHTAG OPTION merupakan platform trading Binary Option berbasis di Indonesia.
Kami menawarkan produk-produk Cryptocurrency & Forex.

yuk gabung yukkk visit link nya www.hashtagoption.com
Minimal DP Rp. 50.000,- dapat BONUS Depo awal 10%
- Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
- Sistem Edukasi Professional
- Trading di peralatan apa pun
- Ada banyak alat analisis
- Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
- Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

Ada BONUS REFERRAL juga lohhh...
Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover....

Kami juga menyediakan AKUN DEMO untuk Trader HASHTAG OPTION yang ingin berlatih, sampai kamu benar-benar bisa menuju AKUN REAL

Popular Posts