Chocolate Pudding ala chef Marky

Hallooo....
Jumpa lagi dalam acara Nyam Nyam with Marky. Kali ini di akhir tahun 2010 ini karena tidak ada teman yang bisa diajak berpesta di luar, akhirnya cheff putuskan di rumah saja, memasak. Kali ini kita akan memasak puding coklat yuukk. Caranya mudah dan bahannya mudah didapat juga.


Pertama-tama siapkan loyang untuk menaruh adonan pudingnya. Ini penting untuk menakar jumlah air yang digunakan. Gue pilih cetakan bundar berdiameter 30 cm dengan bolong di tengah. Setelah gue takar, air yang dibutuhkan untuk mengisi penuh loyang itu adalah 5 kali mug. Jadi agar-agar dimasak dengan 5 mug cairan.
Mug 1 adalah berisi 1 kaleng susu kental manis warna coklat.
Mug 2 adalah berisi larutan 4 sendok makan coklat bubuk
Mug ke 3,4,5 adalah berisi air putih yang matang saja.
Kemudian masukan 3 bungkus agar-agar coklat.
Tambahkan 50 gram gula pasir atau sesuaikan dengan selera.
Gue tidak menambahkan terlalu banyak gula ke adonan puding arena gue ingin pudingnya sedikit pahit. Rasa manis nantinya akan didapatkan dari vlanya.
Aduk adonan di atas api yang kecil sekali. Aduk terus , jangan berhenti. Karena jika berhenti dalam tempo beberapa menit saja agar-agar akan emnggumpal di dasar panci. Capek? ya namanya juga masak, usaha dikit lah. Pake ipod denger musik naanti juga gak terasa tau-tau dah mendidih. Tapi sebelum mendidih tambahkan 1 kuning telur ke dalam adonan. Wait, jangan langsung dimasukan ke panci. Sisihkan di mangkuk lalu campurkan dengan 1 centong adonan puding. Aduk hingga rata baru kemudian campurkan ke dalam panci.
Jika adonan sudah berwarna gelap, hentikan pengadukan sebentar. Lalu amati, jika suara sudah menggemuruh dan ada letupan-letupan kecil, berarti adonan sudah matang. Matikan kompor lalu tuang ke dalam cetakan yang sudah dialas oleh wadah berisi air dingin.
Untuk Vlanya, masak 2 mug susu cair putih bersama 100 gram gula pasir dan larutan 2 sendok makan tepung maizena. Untuk aroma bisa campurkan rum atau liquore lainnya. Jika tidak suska alcohol, takut haram, dapat diganti dengan extrak kopi yang bisa di beli di alfa terdekat. Cukup setitik saja. Jika terlalu banyak akan memberi warna coklat ke vla. Aduk dengan api kecil hingga mendidih dan vla mengental.
Vollaa...chocolate pudding siap menemati tahun bau anda.
Happy new year bloggers :)


Comments

Derajat Celcius said…
Mauuu...nggak ngirim-ngirim ke rumah gw ih. Padahal rumah kita kan deket :D

Popular Posts