Kematian di Dunia Maya

Betapa aneh fenomena sosial network saat ini. Gue bisa berkanalan dengan ratusan orang tapi hanya puluhan yang pernah gue temui secara langsung. Dan itupun termasuk yang ertemu hanya 1 kali. Untuk kemudian akrab hanya via chat di ym atau di facebook atau twitter. Lebih parah, gue baru sadar ada yang beberapa gue rasa cukup akrab tapi sama sekali belum pernah bertemu.

Dan sebagaimana kehidupan nyata, social network juga melibatkan kematian. Dua teman yang gue kenal di facebook telah meninggal beberapa minggu yang lalu. Keduanya baru 1 kali gue temui. Selebihnya kita hanya chat via ym atau send message di fb. Keduanya meninggal karena sakit. Yang satu, lama tidak mengupdate facebooknya, tiba-tiba saja ada foto dia terupload dalam kondisi memprihatinkan. Kurus sekali. Katanya sakit lever. Dia juga sudah lama tidak berpartisipasi dalam acara talkshow di radio.

Yang satu lagi gue pertama ketemu di sebuah club. Dalam keadaan teler. Setelah akrab di chat dn twitter, tiba-tiba saja dia seeprti hilang. Gue diremove dari friend list facebook dia. Profile dia pun hilang. Berganti yang baru. Lalu dapat pengumuman dari seoang teman yang menyinggung profile dia sebagai seorang penipu. Isebutkan bahwa telah banyak orang yang menjadi korban penipuannya. Dan dia sengaja mengganti profile facebooknya demi melarikan drii. Entah mana yang bisa gue percaya. Apakah benar dia seorang penipu? Kata teman dia meninggal karena sakit. Mungkin saja sakit, sakit karena merasa tertekan. Siapa yang tidak tertekan dengan dituduh penipu di jejaring sosial dimana semua orang bisa melihatnya. Gue jadi kasihan atas perlaluakn temannya terhadap dia.

Aneh rasanya melihat profile orang di facebook tapi yang bersangkutan sudah meninggal. Melihat foto-foto di profile yang bersangkutan yang di tag teman-temannya. Tapi itu adalah foto prosesi pemakaman dia sendiri.

ps: blog ini adalah hasil penulisan ulang. Sekita 2 minggu yang lalu gue sempat menulis blog tentang ini dng judul yang sama. Gue post kan hampir bersamaan dng blog Another Farewell.  Tapi keesokan harinya blog itu tidak ada. Hanya berupa draft dan itupun hanya 1 paragraf pertama.
RIP Laguna dan  Martin

Comments

Popular Posts