HILITE of 2012

BEST MOVIE OF 2012
Gue pilih The Dark Knight Rises karena memang itulah film yang gue tinggu-tunggu untuk tahun ini. The Raid karena untuk pertama kalinya film Indonesia berbicara secara komersil di Hollywood. Ted, membawa gue ke masa kanak-kanak dan menghargai arti persahabatan. Life of Pi, semoga membawa pencerahan kepada kita mengenai segala pro kontra agama di negara ini.


ARTIST OF THE YEAR
Sudah waktunya Rihanna bersinar lagi di tahun ini. Dia sudah menyelesaikan amsalahnya dengan mantan kekasihnya Christ Brown. Segala penderitaan tidak membuatnya ambruk. Lagunya, We Found Love menjadi anthem disco di club-club. Karena lagu itu pula kita mengenal Calvin Harris sebagai remixernya. Videonya menjadi video of the year MTV VMA 2012. dan Rihanna sendiri menjadi Women of the year versi majalah GQ. 


SONG OF THE YEAR
Sebuah lagu yang ringan ahdir dari seorang pendatang baru bernama Carly Rae Jepsen. Call Me Maybe menjadi lagu "pick up line" untuk orang PDKT. Dibuat versi ulang oleh beberapa pihak termasuk dalam bentuk pidato Barac Obama. Gak salah bagi gue menobatkannya menjadi song of the year.


BEST EVENT 2012
Dua event ini gue pilih menjadi event terbaik tahun ini. Olympiade London 2012 bukan hanya menjadi ajang berlaga atlet-atle dunia tapi juga adalah olympiade yang penuh akan history keagungan dunia pop di dunia. James Bond, HArry Potter, Beetles dan beberapa Brit Pop lainnya menghiasi penutupan event akbar ini. Sementara Djakarta Warehouse Project gue pilih karena ini adalah event (concert/gig) terbesar yang pernah gue hadiri. Bukan hanya dilihat dari segi kuantitas tapi juga kehebohan crowd yang gue rasakan. Apalagi event yang lama gue nantikan ini nyaris tidak gue hadiri karena gue sempat sakit lama.


BEST DJ
Setahun ini gue mulai memperhatikan orang-orang di balik musik techno yang sedang berkembang. Hal ini tdak lepas dari pengaruh beberapa teman di kantor. David Guetta gue pilih karena dia paling banyak berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi ternama, sebut saja lagu When Love Takes Over (ft Kelly R), Without You (ft Usher), Turn Me On (ft Nicki Minaj). vicii, DJ kelahiran 8 September 1989 ini mencuri perhatian dengan singlenya Levels yang sangat eargasm dan embuat kita ingin selalu melompat-lompat. Sementara Calvin Harris, seperti gue utarakan di atas, mulai dikenal setelah berkolaborasi meremix lagu Rihanna-We Found Love. Selain itu videonya berjudul Feel So Close juga memperoleh MTV VMA 2012 untuk kategori best electronic video. Artis lainnya yang pernah bekerjasama dengan dia adalah Kelis, Tinie Tempah, Ne-Yo. Yang terakhir dan yang paling unik gayanya adalah Skrillex. Dia sangat menonjol tidak saja dari gayanya tapi dari musiknya. Dubsteep adalah mainan utamanya. Agak susah membawa musiknya ke dalam ruang club biasa karena beberapa orang akan susah menyesuaikan gerakan tarian mereka dengan musiknya. Mungkin itu sebabnya, dari 4 DJ pilihan gue, hanya dia yang belum pernah tampil di Indonesia.


INTERNATIONAL ISSUE OF THE YEAR
Tidak ada yang lebih menghebohkan selain pro kontra Konser Lady Gaga di Jakarta. The Born This Way Ball concert rencanya akan dilangsungkan pada tanggal 3 Juni 2012 di Gelora Bung Karno. Ini adalah salah satu konser terbesar dari seorang artis bernama besar. Jauh hari tiket sudah sold out. Hingga mendekati hari H kontroversi terjadi. Pihak yang mengatas namakan pembela sebuah agama melarang Lady Gaga hadir di sini. Banyak alasan yang mereka ajukan antara lain karena Lady Gaga dianggap pemuja setan. Sebuah alasan yang konyol. Dianggap pemuja setan hanya karena berpakaian aneh sementara acara TV yang jelas-jelas mengkultuskan srwah" melenggang di layar TV menebalkan kenyakinan manusia akan klenik. Lady Gaga pun tidak tinggal diam, lewat akunnya dia bersimpati kepada para fansnya yang sudah mendukung kehadirannya termasuk dengan mengadakan penampilan flash moob di sebuah mall. Penolakan semakin gencar dan emngarah kepada ancaman. Pihak kepolisian tidak bisa berkutik, takut. Dan alasan surat izin yang kurang lengkap dan demi keamanan (padahal tugas mereka mengamankan), akhirnya konser itu batal.


BIOSKOP OF THE YEAR
Indonesia sudah lama punya Imax. Yaitu di keong Mas TMII. Akan tetapi film yang fiputar adalah film dokumenter. Pernah beberapa kali film Hollywood tapi itu jarang. Letaknya yang jauh membuat orang malas ke sana termasuk gue. Akhirnya pertengahan tahun ini bioskop Imax kembali muncul kali ini dibawa oleh sebuah jaringan bioskop terkemukan, XXI di mall Gandaria City. Film pertama yang ditayangkan adalah The Avengers. Sukses luar biasa Imax ini. Untuk beberapa minggu susah untuk mendapat tiket untuk menonton film ini. Gue sudah 3 kali menonton di Imax ini. Dan memang sensasi yang diberikan cukup menggetarkan dengan sound dan tampilan layar yang besar. Apalagi jika film yang kita tonton menyediakan fitur 3D. 


CAKE OF THE YEAR

Gue tidak begitu ngeh kapan persisnya cake ini keluar. Tau-tau semua orang sudah memicarakannya. Gue pun mencobanya sebelum tahu namanya. Pertama kali mencoba di kantor. Yang menarik perhatian adalah banyaknya lapisan kue dengan warna berbeda. Tapi rasanya terlalu manis. Yang kedua gue mencoba di sebuah toko bakery di sebuah mall. Tidak terlalu enak, manis tapi keras karena diletakan di lemari pendingin. Menurut beberapa orang ada yang enak dengan rasa dan texture yang lembut tapi tidak mudah didapatkan. Mungkin gue harus mencarinya di toko kue ternama. Begitu hebatnya pengaruh kata rainbow terhadap larisnya sebuah kue, hingga orang menciptakan kue lidah kucing rainbow. Mungkin diharapkan orang akan tertarik dengan warna-warninya tapi salah. ORang justru menjadi muak dan bertanya-tanya , kue kering yang dibakar menghasilkan warna begitu terang, pewarna apakah yang dipakai di dalamnya. Pewarna textile? yuck.

GUILTY PLEASURE OF THE YEAR

Demam K Pop memang sedang melanda asia. Gue sendiri tidak menyukainya. Memuakan melihat anak-anak muda asia dengan segala kosmetik dan dandanan yang mereka pikir keren, lalu menyanyikan lagu dengan sedikit arti dari lirik yang gue tahu, ditimpali musik tekno. Akan tetapi tahun ini dunia kedatangan Psy. Dia dari Korea juga. Tapi dia tidak muda, dia tidak bersolek, dia gendut. Hadir dengan beraninya membawakan lagu Gangnam Style dengan tariannya yang khas seperti menunggang kuda. Meski gue menganggapnya itu mirip tarian kuda lumping. Tapi justru dengan ke-ancuran gaya yang ditampilkan dia menjadi pusat perhatian bukan saja di Asia tapi juga dunia. Gangnam sendiri adalah kawasan di kore yang menajdi pusat segala mode segala klinik operasi plastik, orang-orang kaya dan segala symbol hedonisme. Gambaran umum dari K-Pop itu sendiri. Ketulusan Psy dalam bergaya justru membawa dia ke level dunia. One Hit wonder Videonya menjadi video of he year MTV Europe Music Awards tahun ini. 


PERSON OF THE YEAR IS 

YOU
Elo hadir kehadapan gue secara tidak sengaja.
Dikenalkan oleh seorang teman.
Tapi sudah langsung menancapkan kharisma di hati gue.
Kecerdasan lah yang menutupi seluruh diri elo.
Kekikukan yang membuat gue gemas.
Beberapa pertemuan singkat membuat gue jatuh cinta.
Cuma elo yang bisa membuat gue tertawa.
Cuma elo yang bisa membuat gue menangis.
Menangis karena penolakan. 
Sakit hati, marah, cemburu.
Tapi tetap tidak bisa melepaskan diri lo dari rasa sayang ini. 
Mencoba untuk mencari pengganti diri elo.
Tetap mendoakan yang terbaik buat kalian.
You are my art of relationship.
The best encounter that i ever had. 
     

Comments

Popular Posts