Baking at Weekend

Weeked ini gue isi dengan memasak kue hehehe. Persiapan sudah gue lakukan beberapa minggu yang lalu. Mulai dari membersihkan oven hingga mencari resep. Tapi gue baru bisa mulai membuatnya weekend ini. Itupun baru gue lakukan sabtu malam. Dari pagi dan siang gue masih membersihkan beberapa loyang karena seminggu yang lalu diadakan penyemprotan nyamuk demam berdarah. Dan lalu gue sadar ada beberapa bahan yang kurang. Maka gue mulai memasak resep pertama setelah berbuka, itu setelah tetangga mengembalikan timbangan yang dia pinjam :p

Resep pertama, cocolate chip cookies. Resep gue dapat dari internet. Ada 2 resep chocochip cookies. Gue coba yang pertama. Karena resep pertama ini sepertinya sangat lezat karena menggunakan coklat bubuk di dalamnya dan juga kacang mete yang gue beli seharga 80.000 per kg. Empat tahun tidak pernah membuat kue cukup membuat gue grogi. Suka lambat dalam mengambil tindakan langkah-langkah berikutnya. Belum lagi perkara memanggang. Sampe keringetan mantengin oven terus. Takut hangus. MEski akhirnya hangus juga sih. Dan hasilnya keras. hiks hiks.

Setelah berkonsultasi dengan teman yang kebetulan seorang chef didapat kesalahan cara mengaduk. Memang sih di resep disuruh aduk dengan sendok kayu, tapi gue nekad menggunakan mixer. Dan lagi memang resep tersebut merupakan resep sejenis simple bread, memang agak keras. Ditambah lagi tepung yang gue pake sepertinya dalam kondisi tidak baik.

Maju terus pantang mundur.

Hari minggu gue kembali membuat kue. Kali ini gue menggunakan resep yang kedua. Ditambah lagi gue sudah membeli tepung terigu yang baru.
375 g tepung terigu
1 sdt baking powder
250 g mentega
125 g gula halus
125 g gula palem
2 kuning telur
200 g chocochip (gue pake secukupnya)
100 g kenari (gue ganti mete)

Hasilnya cukup memuaskan :). Empuk, meski rasa coklatnya tidak terasa. Karena bahan dalamnya tidak menganduk bubuk coklat. Sementara coklat chipnya gue taro hanya di atas sebanyak 2 biji *Seperti alien.

Minggu malam setelah buka gue bikin kue lagi. *Semangat bener. Kali ini putri salju.
250 g mentega
100 g gula pasir halus
200 g mete
250 g terigu
150 g gula bubuk sbg toping.
gue tambahin baking powder
adonan dinginkan di kulkas 30 menit

Gue sudah mulai paham seluk - beluknya. Maksudnya sudah mulai terbiasa lagi. Tidak grogi lagi. Dan hasilnya juga cukup memuaskan. Meskii seharusnya gue tidak memasukan baking powder karena hasilnya sangat mengembang. Dan ada beberapa yang lengket di loyang.

Comments

Popular Posts