Respect (Diblacklist dan Dibajak)

Hari ini berasa dejavu. Yeap, gue nginap lagi di kantor. Kalau dihitung jam kerja, percuma dikasih libur 2 hari kalau sisanya gue lembur terus. 

Ada 2 hal yang menjadi hilight minggu ini di kantor. Diblacklist dari sebuah perusahaan susu dan booth gue dibajak.

Event jumat siang lalu, sebuah launching website, yang nampaknya sepele dengan skala kecil rupanya dimata client sangat berantakan. Decor dianggap kurang apik dan stage dianggap kurang besar. padahal di proposal sudah dimention ukuran stage. Kalau masalah decor ini yang tricky. Ternyata tidak semua EO capable menangani decor-decor prinilan seperti untuk acara b'day party maupun baby shower. Mungkin kita salah pilih EO. MEstinya memilih EO yang biasa menangani perkawinan (WO). Kalau diingat lagi dulu untuk acara - acara yang berat di decor, team kita sendiri yang turun tangan termasuk dalam belanja berlengkapan decor. 

Well, diluar dari itu yang memang kekurangan kita, client itu harus ngaca juga lah. Mereka memajukan event sehingga waktu persiapan kita yang awalnya cukup sempit menjadi semakin sempit. Untuk aproval design pun last minute dari deadline waktu produksi. Oh iya belum lagi dalam proses mendesign mereka tidak menyedian kami dengan material POSM yang bagus, dalam hal ini file ilustrator. JAdi yah kami terpaksa membuat ulang logo product mereka. Dan itu menurut gue sangat fatal lho. Its your brand. C'mon. Dan mengancam tidak akan mau membayar kami? Di sisi lain, ternyata saat event tidak ada AE yang mendampingi. Bahkan bos gue pergi. 

Gue sempat mendesign 2 booth dari 2 perusahaan farmasi yang berbeda untuk acara yang sama. PErtemuan tahunan para dokter se Indonesia di Solo. Hanya 1 yang lolos, satu lagi kami kalah pitching. (haha yeah pitching with full design and concept) Nah pada hari H ke sana dong team gue untuk satu produk lainnya. Eh ternyata pas dilihat, booth perusahaan yang kita kalah itu designnya mirip dengan yang gue bikin. Hanya conceptnya saja yang dihilangkan. Booth itu tanpa activity yang interactive. Hanya display video. Dan menang pula sebagai booth terbaik. 

Gue gak tau harus bangga atau sakit hati. TErbukti design gue bagus dan disukai client tapi koq ya gak dibayar? Pelacur aja dibayar. Padahal itu perusahaan farmasi yang besar dan cukup ternama. Obat - obatnya banyak dikonsumsi oleh masyarakat lho. Ah ternyata mereka tidak menghargai hasil karya orang lain. Seandainya semua saling menghargai dan menghormati. 


Comments

Popular Posts