Traditional in Hi Fashion Magazine

Dari twit seorang teman gue ketahui majalah mode International akan terbit versi regional untuk negara Thailand. Majalah itu akan terbit tanggal 1 February 2013. Cover untuk majalah itu sudah jadi.

Kalau dilihat dari covernya sepertinya mereka ingin menggambarkan nuansa traditional Thailand di cover ini. Maka dipilih lah model dengan penampilan dan dandanan yang traditional dengan hiasan kepala terbuat dari emas yang juga terinspirasi dari hiasan kepala traditional khas thailand.

Gak ada yang salah dengan konsep ini. Hanya saja eksekusinya yang gue rasa kurang. Meski bernuansa traditional, akan tetapi ke Vogue-annya harus tetap di jaga. Kurang Hi Fashion karena brand vogue sendiri sudah sangat terkenal dengan keanggunan sekaligus "keangkuhan". Belum lagi nama Anna Wintour yang selalu identik dengan Vogue. Cover ini bagi gue lebih mirip cover majalah travel atau lebih parah, brosur travel agency.

Lalu gue teringat dengan salah satu cover majalah Bazaar Indonesia khusus untuk wedding.


Cover di atas menampilkan model papan atas Indonesia dengan karakteristik lokal (kulit coklat). Hiasan kepala terdiri dari kumpulan bunga kamboja yang menjadi buka khas pulau Bali. Menurut gue gaya ini cukup traditional tapi tetap dengan keanggunan hi fashion.
Lalu kemudian gue menemukan foto ini.



Foto ini juga untuk majalah Bazaar Indonesia. Yang ini jauh lebih mirip konsep cover majalah Vogue Thailand tadi. Model yang dipakai model dengan karakteristik lokal demikian juga hiasan kepalanya. Bahkan hiasan kepala ini bukanlah hasil design ulang melainkan vesi asli dari hiasan kepala penari Bali. Tapi ekspresi dan komposisi model sangat berbeda. Sangat Hi Fashion.

Gue tidak tahu apa yang membuat Vogue mau terbit dalam edisi Thailand. Sayang sekali brand sebesar Vogue harus tampil dengan komposisi yang berbeda tapi justru melecehkan brand itu sendiri. Gue sempat heran kenapa tidak ada yang mau membawa brand Vogue ke Indonesia. Well, sudah banyak brand majalah luar di Indonesia, tanpa Vogue pun kita sudah bisa menunjukan kualitas International kita.
Bravo Indonesia.

Tambahan, di bawha ini adalah cover majalah Vogue Italia bulan january 2013. Menjadi fenomenal karena merupakan pertama kalinya majalah ini menampilkan seorang model asia asal China sebagai covernya.


Comments

Popular Posts