In Memoriam Cory Monteith



Sabtu kemarin ada berita mengejutkan. Salah satu bintang pemain serial Glee, Cory Monteith meninggal dunia dalam usia 31 tahun. Sangat muda. Masih belum diketahui pasti penyebab kematiannya meski sebagian orang curiga dia meninggal over dosis. Bukan tanpa alasan orang menduga hal itu karena belum lama dia menjalani terapai atas ketercanduannya akan obat-obat terlarang yang dia idap sejak usia belasan tahun.

Berita ini cukup menyedihkan apalagi bagi fans serial Glee seperti gue. Pertama gue menonton Glee di Star World. Pertama melihat serial ini gue langsung tertarik oleh lagu-lagunya maupun ceritanya seniri. Sebagai salah satu serial yang masuk ke genre cerita remaja serial ini cukup berani memaparkan permasalahan remaja di USA tapi sebenarnya juga dialami oleh remaja di seluruh dunia termasuk Indonesia. Remaja yang masih mencari jati diri, keinginan untuk dianggap, keinginan untuk mejadi populer tapi sekaligus ingin menjadi diri sendiri. Termasuk permasalahan orientasi sexual, hamil muda dan "Bully" di lingkungan sekolah yang hingga saat ini masih sering terjadi di lingkungan sekolah manapun.

Cory memerankan karakter bernama Finn, seorang "jock", julukan bagi pelajar yang populer di sekolah karena menjadi anggota team olahraga sekolah . Tanpa dia sadari ternyata dia memiliki kemampuan lain yaitu bernyanyi. Meski awalnya Finn merasa malu masuk menjadi anggota paduan suara Glee karena menjadi bahan olok-olokan teman seteamnya , akhirnya Finn merasa nyaman juga berada di lingkungan yang selama ini dianggap Geek atau Looser. Bahkan di Club Glee Finn bertemu seorang gadis bernama Rachel yang akhirnya menjadi kekasihnya. 

Belakangan di kehidupan sebenarnya pun Cory berpacaran dengan Lea Michele, actress yang memerankan Rachel. Bahkan mereka merencanakan pernikah mereka dalam waktu dekat ini. Empat season Glee diproduksi tapi seingat gue mereka belum menyentuh sama sekali permasalahan obat-obatan terlarang ini. Ironi. 

Di Indonesia tidak banyak yang tahu mengenai serial ini. Hanya mereka yang berlangganan tv kabel dan yang mengikutinya melalui dvd bajakanlah yang tahu. Sayang sekali serial sebagus ini tidak ditayangkan di sini. Gue pernah memperhatikan ada 1 tv swasta menanyangkan season pertama, tapi setelah itu tidak ada kelanjutannya. Masyarakat pemerhati televisi di Indonesia (khususnya remaja)  sudah teracuni oleh sinetron-sinetron tanpa makna yang memperlihatkan permasalahan di sekolah hanya seputar memperebutkana pacar dan drama rumah tangga orang tua masing-masing. 

Beruntunglah mereka yang pernah menyaksikan serial yang begitu menginspirasi ini. Untuk Cory, terima kasih untuk 4 season Glee. 




Comments

Popular Posts