Rumah Palagan, Yogyakarta

Untuk pertama kalinya setelah sekian lama absen, Kamis kemarin 13, September 2012 gue diikut sertakan dalam event. Evennya sendiri sudah dimulai sejak Rabu di Jakarta. HAri kamis event dilanjutkan di Yogyakarta. Jam 6 pagi gue sudah take off ke Yogya. Tugas gue adalah menyeleksi foto-foto yang diambil oleh para fotografer, lau memprintnya sebanyak 14 set lalu menempelkannya ke dalam 14 buku album. Oh , jangan lupa menempelnya dengan double tape.

Tamu-tamu dari Belanda yang kami jamu tinggal di hotel Hyatt Yogya sementara kami panitia tinggal di hotel kecil di sekitar Hyatt itu. Namanya Rumah Palagan. Dari luar hotel itu tidak nampaks ebagai hotel dengan bangunan kotak menjulang beberapa lantai ke atas. ALih-alih hotel itu dari depan nampak seperti rumah makan saja. Bahkan nampak seperti rumah. Ternyata namnaya Rumah PAlagan, Guest House. Pantas lah. Gue yang pertama datang ke sana. Check in untuk 3 kamar. Satu kamarnya seharga Rp 350.000,- permalam. 

Kamar berjajar rapi di kanan kiri dengan taman kecil yang asri di tengahnya. Dekorasi nya dengan sentuhan Jawa . Gue dapat kamar dengan twin bed. Cukup nyaman dan luas. Saat siang lapar, tinggal memesan makanan dari restaurant  Jangan takut harga yang dipatok tinggi layaknya memesan di hotel, harga di sini sangat membumi. Ayam bakar dengan nasi, sayur lalap dan sambal seharga 25.000 dan enaaakkk......Kebanyakan makanan di sini adalah makanan traditional. Well, ngapain jauh-jauh ke Yogya tapi makan western lagi kan? Malamnya gue sempat memesan nasi goreng, sayur cah kangkung, tempe mendoan. Nyam-nyam..

Untuk sarapan paginya, cafetarianya lagi-lagi menyajikan makanan rumahan. Nasi, sayur lodeh, bahwan, ikan teri, sayur sop. Ada roti dan kue-kue kecil untuk para bule mungkin. Not for me. I choose Lodehnya yang segar dan 3 bakwan serta beberapa potong ikan teri. Mantabs.

Sayangnya Jumat jam 10 gue harus meninggalkan tempat itu karena pekerjaan menuntut gue dekat-dekat dengan Kraton, tempat terakhir para tamu berkunjung ke Yogya.

Ah, trip kerja kali ini memang menyebalkan karena tidak sempat ikut rombongan tamu ke beberapa tempat wisata termasuk Candi Borobudur. Tapi emnginap di Rumah Palagan cukup menyenangkan hati. Next time gue ke Yogya, pasti akan menginap di sana. Amien. 

Rumah Palagan: 
Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 7,8 Mundal, Sariharjo, Sleman, Yogyakarta
tlp: (62-274) 884901 - 884902 resevasi: 081227123751
www.rumahpalaganjogja.com

 


Comments

Popular Posts