Mengenang Michael Jackson

Di tengah melakukan tugas design yang sepertinya tidak kunjung selesai ini. Malam hari di sela-sela break dan kantuk yang menyerang. Fan Page Michael Jackson di Facebook mengganti cover photo profilenya. Hanya sebuah kalimat dalam background hitam, Remembering Michael Jackson. August 29, 1958 - June 25, 2009. Hari ini waktu Amerika. Tidak terasa sudah 3 tahun King of Pop itu meninggal dunia karena over dosis. Padahal dia sedang dalam proses menggelar konser keliling dunianya. Tapi apa daya suratan Ilahi berkata lain. Konser itu hanya bisa dinikmati sebatas film dokumenter saat-saat Michael berlatih bersama teamnya untuk konser itu. Film dokumenter itu bertajuk This Is It. Diputar di bioskop seluruh dunia termasuk di Indonesia. Dan gue pun menontonnya bersama teman-teman yang juga penggemar Michael Jackson. Seperti menyanksikan dia konser. Yeah, kami hanya bisa sebatas menonton film dokumenter itu di bioskop. Sudah cukup bagi kami. Tidak ada yang bisa kami lakukan lagi. Menabung pun percuma. Raja itu telah pergi untuk selamanya. Dan yang bisa gue lakukan saat ini adalah menonton kembali video musik dia di Youtube. Video yang gue tonton barusan adalah dari lagu They Dont Care About Us versi Brazil. Michael bernyanyi di kawasan padat penduduk Brazil bersama group perkusi Olodum. Video itu adalah versi alternative. Sementara versi awal dari video lagu ini adalah versi dimana Michael JAckson bernyanyi dalam seting penjara. Kontroversi dalam video itu adalah menampilkan cuplikan-cuplikan video beberapa kekerasan yang terjadi di dunia ini. Kontroversi memang tidak lepas dari Sang Raja. Mulai dari video - video musicnya yang kolosal. Selalu melibatkan dancer, figuran, make up, costum dan visual effect yang banyak. Kontroversi juga dia lakukan di kehidupan sehari-hari. Mulai dari operasi plastik bentuk muka hingga warna kulit. Membangun istana Wonderland , membeli mummy, menikahi anak Elvis Presley - Marie Presley, mengajak banyak anak kecil untuk bermain di rumahnya. Hal teakhir ini yang membuat dia sempat dipenjara gara-gara tuduhan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.
Banyak yang tidak habis pikir dengan segala kontroversi itu. Bahkan gue pun. Kontroversi karena hal itu jarang dilakukan oleh orang. Tidak pernah terpikirkan sama sekali. Berbeda dari jamak yang ada. Tapi itulah yang membuat dia besar. Michael berasal dari minoritas di Amerika. Hingga sekarang pun diskriminasi kulit hitam masih ada. Tapi hal itu tidak menciutkan dia dalam berkarya. Bebeapa menggap operasi pergantian kulitnya adalah "durhaka" terhadap asal. Tapi Michael bisa jadi mencemooh kita yang bisa jadi secara tidak sadar lebih bisa menerimanya dengan kulit putih itu.
Michael Jackson telah tiada, adalah pasti. Tapi warisannya akan budaya Pop akan terus dikenang dan menginspirasi banyak orang. Beristirahat lah yang tenang Raja ku.

Comments

Popular Posts