Surat Cinta

Mari berbicara tentang Love Letter. Itu judul dari salah satu workshop di SPIKE yang gue hadiri tahun lalu. Gue kira workshop ini akan membahas mengenai semacam Copy writing. Ternyata tidak. Yang dibahas adalah mengenai direct mail.

Direct Mail di dunia advertising adalah sebuah hantaran berupa sebuah barang, benda dengan wujud yang beragam yang gunanya untuk menginformasikan sebuah barang, sebuah acara, sebuah product. Tujuan direct mail itu bisa juga sebagai teaser dari sebuah hal yang besar yang akan terjadi. Bisa juga direct mail itu berupa undangan. Kalau tadi disebutkan bentuknya beragam karena memang disitulah letak kreatifnya. Ada banyak bentuk direct mail yang unik-unik yang pernah dibuat. Tinggal google aja. Tapi kalau di sini gue akan membicarakan direct mail yang pernah dibuat oleh kantor gue.

Tapi kebanyakan direct mailyang pernah dibuat oleh kantor gue adalah untuk keperluan kantor gue sendiri. Belum banyak client yang meminta dibuatkan direct mail yang unik. KAntor gue membuat direct mail itu ditujukan kepada client maupun future client sebagai teaser, alat promosi maupun sebagai cindera mata. Biasanya direct mail kami itu dibuat menjelang hari raya Idul Fitiri, natal maupun hari kemerdekaan. Kebanyakan menjelang lebaran sih.

Selama 1 bulan Ramadhan umat muslim melakukan ibadah puasa. Puasa menahan hawa nafsu. Tujuan puasa adalah untuk mensucikan diri. Diyakini setelah 1 bulan melakukan ibadah puasa dengan baik dan benar diri kita akan menjadi seperti terlahir kembali dalam keadaan suci. Bersih,suci, kembali ke fitri. Itulah kata - kata kunci dalam membuat direct mail yang berhubungan dengan idul fitri maupun ramadhan. JAdi apa yang kami lakukan?

Kami mengirimkan 1 paket berisi peralatan mandi. Gayung plastik berwarna merah muda menjadi wadahnya. DI dalamnya kamitaruh sabun cair, shampoo, 1 sikat gigi, 1 pasta gigi kecil. Handuk putih kecil dan kartu ucapan tentunya. Peralatan mandi ini sebagai simbolisasi ramadhan sebagai alat membersihkan diri. Sederhana kan? Tidak perlu mahal-mahal. Beli shampoo galonan yang biasa dipakai di salon. Demikian juga sabun cairnya. Lalu masukan ke dalam botol-botol plastik kecil yang biasa juga dipakai oleh salon-salon. Belinya di Pasar Asemka. Untuk pasta gigi yang kecil, terpaksa di branding ulang. Ah gak susah juga koq. Cukup hasil design diprint di atas sticker. Setelah semua tertata rapi bungkus dengan plastik dengan rapi juga.

Itu jika ingin dikirimkan sebelum bulan puasa. Lalu bagaimana jika kita baru sempat mengirimnya menjelang lebaran? Lebih gampang lagi. Pernah mendengar menang melawan hawa nafsu? Kalimat itu ditujukan bagi kita yang berhasil melakukan ibadah puasa selama 1bulan Ramadhan. So, kalau menang dapat apa? Hadiah kan? Pahala. Tapi kita gak bisa kasih pahala ke client-client kita. Maka, layaknya atlet olahraga yang berhasil memenangkan pertandingan, kita memberikan sebuah piala ke client. Beli saja piala siap saji di toko thropy di senin maupun toko-toko percetakan lainnya. Pilih ayng bagian atasnya ada bidang untuk menempelkan stiker. Bikin art work ketupan, tempelkan di atas mahkota piala tersebut. Sementara pada bagian pondasinya bikin plakat dengan tulisan: Juara 1 Melawan Hawa Nafsu.dan beberapa kalimat bombastis norak lainnya. Plakat bisa dibuat di tukang piala sekaligus. Atau print di PVC seperti yang kami lakukan. Dan respon dari para client, mereka menyukainya lho. Bahkan mereka pajang di meja kerja mereka.

Hati yang kembali suci dan fitrah ini tentunya tidak berhenti di satu titik saja kan? Life is goes on right. Justru kesucian yang sudahkita peroleh harus diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dalam hidup. Kecuali mau bunuh diri. So, Kita membuat sebuah Direct Mail lain lagi. Kami memberikan 1 buah kanvas kosong dan 1 set peralatan melukis. Melukis di atas kanvas yang putih ibarat mengisi hidup dengan hal-hal yang indah. Tentu saja cat acrylicnya harus kami branding ulang. Oiya pemilihan cat acrylic karena mereka water base. JAdi tidak perlu memasukan minyak ke dalam paket. 

Direct Mail juga pernah kami berikan dalam rangka Hari Kemerdekaan Negara tercinta ini. Melihat dari sisi romantika dan kesenangan yang pernah dialamai hampir semua dari client yang sudah tua itu, kami memutuskan memberikan seperangkat alat bermain lomba kelereng. Paket terdiri dari 3 sendok teh dan  3 kelereng yang dibungkus dalam kotak kecil.


Bagaimana jika sebuah resort di Bali ingin mengadakan Ground Breaking PArty bagi calon pembeli? Resort di tepi pantai. Berjemur di hangatnya sinar matahari Bali. Jangan lupa pakai sun screen yah. Itulah yang kita berikan sebagai undangan. Sebotol sun screen. Untung umlahnya tidak banyak. JAdi segenap karyawan saat itu diekrahkan keliling supermarket di Jakarta untuk memborong shampoo khusus anak yang memiliki botol plastik berwarna orange dan merah. Kalau tidak salah namanya saat itu Kiddo. Or Kiddy? entahlah. Isi shampoonya kita buang. Labelnya kita kuliti. Kemudian diisi dengan sun screen. Well, sebenarnya body lotion sih yang kita beli kiloan di toko peralatan salon. Kemudian kita beri label ulang yang wordingnya adalah undangan untuk hadir di pesta tentunya. Kemudian botol kami taruh di dalam kotak kertas yang senada warnanya. 

Satu lagi direct mail yang pernah kami buat dan ukup unik. Dalam rangka menyambut ulang tahun Mobile 8, mereka ingin mengundang para wartawan dalam pers conference peluncuran salah satu fitur terbaru mereka. Mereka ingin sesuatu yang unik buat wartawan. alat tulis sudah basi. MEreka sudah punya. Pun dengan kamera ataupun redorcer. Lalu apa sih yang menjadi kegiatan sehari-hari wartawan? meliput pada kurun waktu ang tidak tentu. Dan kemudian meuliskannya dalam kurun waktu yang tidak tentu juga kan. Lembur sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari mereka. JAdi kami memutuskan memberikan "Paket Begadang" bagi para wartawan itu.  Paket yang beriksikan kopi bubuk, teh seduh, kacang kulit, gula, obat nyamuk bakar dan bahkan remasok plus koin sebagai alat untuk kerokan jika suatu saat sang wartawan masuk angin. Dan karena ini ulang tahun mobile 8, kami juga memasukan 1 buah cup cake yang lezat dan lilin di dalamnya. Karena barangnya banyak, kami memutuskan memasukan semua itu ke dalam wadah yang sukup besar dan unik tentu. Pilihan jatuh ke kaleng krupuk. 

Demikian beberapa direct mail yang pernah kami buat. Kami juga pernah mengirimkan petasan sebagai direct mail untuk lebaran. Untuk natal kami pernah mengirim wine. Ada beberapa ide untuk natal tapi belum sempat terlaksana. Karena kami kira itu agak extrem. Misalnya mengirimkan akte kelahiran atas nama Jesus Christus. 

Comments

Popular Posts